Kamis, 23 Agustus 2012

Faktor Penyebab Tidak Cepat Gemuk


                                                                                                      Berat badan ideal tentulah dambaan semua orang. Selain menambah rasa percaya diri, tentu juga lebih enak dilihat dan tampak lebih sehat ketimbang yang badannya terlalu kurus atau kerempeng. Sehingga banyak orang yang ingin cepat gemuk. Ini hal yang sah-sah saja, namun seringkali cara yang ditempuh supaya cepat gemuk tidak mempertimbangkan faktor kesehatan. Karena tergiur oleh iklan obat penggemuk, langsung dikonsumsi tanpa pikir panjang.
Saya punya pengalaman menarik tentang hal ini. Karena minder dengan badan yang terlalu kurus, akhirnya saya minum obat Cina yang dijual di toko obat Cina, dengan harapan gemuk seketika. Memang, ketika mengkonsumsi obat itu, nafsu makan jadi gila-gilaan, sudah makan tiga sampai empat piring, namun tidak merasa kenyang. Efek pertama, yang pasti menambah beban pengeluaran (hehehe), bagaimanan tidak, jatah untuk tiga orang, saya habiskan sendiri. Efek bagi tubuh adalah pipi yang menjadi lebih gemuk.  Tadinya saya pikir ini adalah permulaan yang bagus, tapi setelah mengkonsumsi rutin selama empat bulan, tidak ada efek lanjutan. Yang ada justru pengeluaran bertambah demi memperturutkan nafsu makan, badan jadi tidak nyaman karena diisi segala macam makanan asalkan kenyang,tanpa memperhatikan keseimbangan nutrisinya. Sehingga mulai gampang sakit kepala, kolesterol meningkat (padahal kurus) dan beragam keluhan lainnya.
Akhirnya saya menghentikan mengkonsumsi obat tersebut. Setelah saya pikir-pikir, kenapa hanya pipi yang gemuk, mungkin karena mulut senantiasa mengunyah makanan sehingga otot sekitar mulut menjadi terlatih dan membesar. Seperti halnya kalau kita melatih otot lengan dengan push up, tentu lama kelamaan ototnya akan membesar.  Tapi itu hanya analisa saya saja, belum diteliti secara ilmiah.
Sudah cukup nostalgianya ya, sekarang kita cari tahu kenapa orang bisa kurus.


Ada 3 faktor penyebab kenapa orang bisa kurus.

1. Faktor Genetika
    Merupakan faktor keturunan, bawaan gen dari orang tua. Biasanya, kalau  orangtuanya kurus, anaknya cenderung punya postur tubuh yang sama. Ini adalah faktor yang tidak bisa dirubah, tapi bisa diatasi dengan menjaga pola makan yang sehat.

 
2. Faktor Penyakit
    Beberapa penyakit tertentu seperti TBC, kanker, dan gangguan pencernaan bisa menurunkan nafsu makan, sehingga asupan makan tidak memenuhi kebutuhan tubuh. Berkonsultasi dengan dokter adalah solusi terbaiknya.

3. Faktor Metabolisme dan Sistem Pencernaan Tubuh.
    Nutrisi yang masuk tidak sesuai dengan energi yang dikeluarkan alias defisit, sehingga tubuh menjadi kurus. Belum lagi makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna. Asal kenyang, asal enak, apapun disantap. Hal ini menyebabkan sistem pencernaan tubuh tidak berfungsi secara maksimal. Makanan yang dikonsumsi tidak terserap secara sempurna alias cuma lewat doang. Sehingga sebanyak apapun makanan yang masuk, tidak akan menambah berat badan. 

Faktor manakah yang Anda Alami?
Untuk faktor genetika tentu tidak bisa diubah, sedangkan untuk penyakit, tentu bila penyakitnya sembuh, dengan sendirinya berat badan akan bertambah.
Yang terbanyak adalah yang ketiga, yaitu faktor metabolisme dan sistem pencernaan. Ini hal mudah diatasi, sehingga Anda yang ingin cepat gemuk tidak usah khawatir. Solusinya ada blog ini.

2 komentar: